Minggu, 06 Februari 2011

Ujian Akhir Semester (UAS)
Mata Kuliah   : Penulisan Naskah Iklan
Dosen              : Aprillina Prastari
Sifat                :  Take home test
1.      Pilihlah salah satu brief berikut dan kerjakan sendiri (bukan per kelompok)
2.      Kumpulkan pada saat jadwal ujian mata kuliah penulisan naskah iklan dalm bentuk PRINT OUT
BRIEF 1
Bacground
Melihat kebutuhan masyarakat kota besar yang ingin sesuat yang praktis dalam membersihkan wajah, PT KAO mengeluarkan produk baru: tisu basah khusus wajah!
Product Knowledge
Tisu basah ini sudah melewati uji klinis, aman digunakan bagi pemilik kulit jenis normal dan berminyak namun harus berhati-hati untuk wajah jenis kulit kering karena dikhawatirkan bertambah kering. Mengandung ekstrak the hijau yang berfungsi mencegah jerawat. Tidak mengandung pewangi.
Objective of the ads:
Memperkenalkan produk, brand awareness dan membangkitkan keinginan calon kinsmen untuk mencoba
Memangun presepsi bahwa produk ini aman dan praktis digunakan
Competitor
·         Tisu Basah Ovale
·         Tisu Basah Mitu
Target market
90% Perempuan, Kelas B, C+, Usia 20-35 tahun, bekerja, tinggal di perkotaan, ingin praktis, sibuk, peuli pada kebersihan wajahnya.
Harga: Rp 3500 isi 10 lembar
Distribusi; hanya dijual di minimarket/supermarket. Utuk sementara hanya di kota besar.
Brand Personality:
Praktis, Cantik, bersih
Desire Consumer Response:
Aku mengerti wajah kotor bisa menimbulkan jerawat, makanya aku slalu menjaga wajahku supaya bersih dengan cara yang mudah…

Dari Brief tersebut, buatlah:
·         Nama Merek dan Taglinenya
·         Storyline 30”
·         Print Ad
·         Advertorial
Catatan: perhatikan copywritingnya!



Ujian Akhir Semester (UAS)
Mata Kuliah   : Penulisan Naskah Iklan
Dosen              : Aprillina Prastari
Sifat                :  Take home test
1.      Pilihlah salah satu brief berikut dan kerjakan sendiri (bukan per kelompok)
2.      Kumpulkan pada saat jadwal ujian mata kuliah penulisan naskah iklan dalm bentuk PRINT OUT
BRIEF 2
Background
Nestle mengeluarkan produk baru Energo. Produk ini ingin menyaingi produk Energen dari mayora yang sudah jauh lebih unggul baik dari segi awareness maupun penjualan.
Poduct knowledge
Seupa dengan Energen, berbentuk cereal, enak, lebih terasa gurih, saat ini baru tersedia rasa coklat dan vanilla, kekuarangan Energo dari Energen, produk ini masih baru.
Competitor
Direct: energen, minuman sereal lain
Indirect: Biskuit-biskuit
TM:
Karyawan/karyawati, ses B, usia produktif (20-25), bekerja diperkotaan, menerapkan pola hidup sehat.
Brand Strategy:
Kalau Energen mengkampanyekan pesan: Energen dapat “membantu” mereka yang lupa sarapan, maka Energo ingin mengkomunikasikan sereal sehat yang bisa dikonsumsi saat waktu tengah (jam 10 pagi dan 3 sore)
Harga: Rp 750
Desire consumer response:
Daripada ngemil gak jelas, mending minum yang sehat, bergizi dan mengenyangkan, lebih murah lagi…
Buatlah:
·         Storyline 30”
·         Adlibs
·         Print ad
Catatan: Perhatikan Copywritingnya!




Ujian Akhir Semester (UAS)
Mata Kuliah   : Penulisan Naskah Iklan
Dosen              : Aprillina Prastari
Sifat                :  Take home test
1.      Pilihlah salah satu brief berikut dan kerjakan sendiri (bukan per kelompok)
2.      Kumpulkan pada saat jadwal ujian mata kuliah penulisan naskah iklan dalm bentuk PRINT OUT
BRIEF 3
Latar Belang
Berdasarkan beberapa penelitian, salah satunya yan dilakukan oleh KPAI, sekitar 60% remaja sudah melakukan seks bebas dengan pacarnya. Hal ini bukan saja berdampak buruk pada kehidupan moral angsa dan kesehatan tetapi dapat merusak masa depan mereka sendiri. Utuk itu Kementrian Pemuda dan olahraga ingin membuat PSA yang mengomunikasikan pada remaja bahwa seks bebas dapat merampas asa depan para remaja itu.

Objective:
·         PSA ini diharapkan dapat membuka kesadaran remaja bahwa masa depan meeka dapat suram dngan melakukan seks bebas
·         Membangkitkan semangat untuk memilih berkarya di usia muda.
TA
Remaja usia SMP-SMA, yang tinggal di perkotaan dan pedesaan.
Buatlah:
·         Storyline untuk PSA TV 30”
·         Print ad
·         Radio script
·         flayer


Brief 1
1.       Mochammad Hari Febriasnyah
(0810411038)
2.       Randy Maulana
(0810411188)
3.       Andi Ranto
(0810411044)
4.       Noan Dwi Setiawan
(0810411011)
5.       Yonarisman M A
(0810411184)
6.       Setyanto Nugroho
(0810411216)
7.       Bayu Fitriadi Ajiputra
(0810411131)
8.       Dibyo Wahyu A
(0810411139)
9.       Adi Saputra
(0810411140)
10.   Fikri Akbar
(0810411162)
11.   Puji Ratidar
(0810411100)

Brief 2
1.       Rido Mustakim Da’i
(0810411101)
2.       Eggi Yanda Peygan
(0810411153)
3.       Muhammad Agung Laksono
(0810411169)
4.       Vanessia
(0810411014)
5.       Laksono Bayu S
(0810411108)
6.       Nico Baihaqi
(0810411175)
7.       Arif Budiman
(0810411170)
8.       Fauzandi Suryahuda
(0810411148)
9.       M Nouval Kamali
(0810411107)
10.   Deni Fitrianto
(0810411112)
Brief 3
1.       Januarso
(0810411002)
2.       Acmi Agus
(0810411158)
3.       Bayu Rahman
(0810411158)
4.       Mario Revaldo Samosir
(0810411026)
5.       Handika Candra
(0810411203)
6.       Fajar Hidayat
(0810411117)
7.       Fikri Arief Drmawan
(0810411210)
8.       Afriyanti Arini
(0810411207)
9.       Ibnu Solihin
(0810411126)

2 komentar: